Windya Catering

Catering Piring Terbang Jogja

Pesta pernikahan modern di Indonesia itu bermacam-macam. Bukan sekedar resepsi berdiri saja yang sering kamu datangi. Namun tahu tidak jika sebenarnya kita memiliki budaya resepsi yang sekilas terderngar cukup asing, karena memang sudah jarang dilakukan adalah pesta pernikahan piring terbang. Bukan piringnya yang betulan terbang lho ya, tapi piringnya terbang diantar oleh pramusaji. Lain dengan catering prasmanan, catering piring terbang ini bahkan lebih  dengan pesta pernikahan dari barat dimana tamu di hidangkan oleh pramusaji tidak harus mengambil makanan sendiri.

Pesta pernikahan piring terbang kadang juga dikenal sebagai pesta racikan, dimana tamu tidak diperbolehkan berdiri. Tamu hanya cukup duduk manis di kursi dan meja sejajar yang dihadapkan ke pelaminan. Ada juga tamu yang duduk di kursi round table atau bundar  seperti gaya pernikahan jenis barat. Sembari duduk menikmati acara, tamu-tamu pun dihidangkan dengan piring-piring penuh sajian yang seakan-akan terbang dari tangan pramusaji ke meja tamu. Mungkin inilah kenapa adat ini disebut sebagai piring terbang.

Kota Yang Menggunakan Catering Piring Terbang

Pernikahan menggunakan acara piring terbang sendiri biasanya digunakan di daerah seperti di Jogja dan Solo. Meskipun seperti itu, saat ini di kota Jogja prosesi ini sudah jarang dijumpai. Prosesi ini hanya dapat dijumpai di daerah-daerah seperti Sragen, Klaten, Wonosari, Gunungkidul, dan Solo. Lain hal dengan catering prasmanan jogja, kalau catering prasmanan tamu datang setelah acara dimulai, tamu bahkan datang sebelum acara dimulai pada prosesi piring terbang supaya jadwal acara dapat berjalan dengan tepat waktu.

Cara Menghidangkan Catering Piring Terbang

Cara menghidangkan makanan ini terkenal di daerah Solo, Jawa Tengah. Cara makan piring terbang dihidangkan oleh pramusaji kepada tamu undangan yang duduk, dengan makanan per porsi. Dimulai dari minuman dan camilan, sop, nasi, kemudian es. Terkesan unik namun konsep makan ini justru pantas bagi orang yang punya budget terbatas dan makanan jadi tak mubazir.

Acara piring terbang harus dilaksanakan dengan susunan-susunan acara tersendiri. Acara biasanya dimulai dengan kirab dari keluarga pria yang memasuki ruangan diikuti dengan keluarga wanita. Sesudah itu, acara diteruskan dengan sambutan dari pihak mempelai pria dan kemudian diikuti dengan sambutan dari pihak mempelai wanita dan juga doa. Kami juga menyediakan catering nasi box jogja / nasi kotak jogja, gubukan & snack / coffee breaks.

Daftar Menu Piring Terbang

catering jogja
catering piring terbang jogja
catering piring terbang jogja
catering piring terbang jogja
catering piring terbang jogja